Hardware Solution Nokia N97


Pada edisi ini kami akan membahas beberapa permasalahan pada nokia N97.  seperti kamera tidak berfungsi, charger, keypad, lcd, audio, light, dan nada dering. Beberapa bagian yang disebut diatas sering menjadi salah satu penyebab kerusakan pada N97. Berikut solusi perbaikannya…
Permasalahan Kamera
Masalahnya, kamera tidak berfungsi normal untuk mengambil gambar maupun merekam video. Dari masalah tersebut, kemungkinan terbesarnya adalah terjadi koneksi kamera yang kurang. Cara perbaikannya : coba bersihkan konektor kamera seperti pada gambar pada gambar (a). Bisa menggunakan sikat atau cairan pembersih khusus seperti tinner. Bila koneksi sudah dibersihkan dan kamera tetap bermasalah, maka langkah selanjutnya menuju komponen pendukung kamera. Coba lihat gambar (b),(c),(d), dan (e). Cek kondisi sambungan dan fisik dari komponen, apakah ada yang terlepas atau terbakar. Lakukan penggantian atau perbaikan pada komponen yang rusak


Permasalahan Charger
Saat mendapati baterai yang tidak bisa diisi ulang, kerusakan pada batere juga bisa dari komponenn charger pada N97. Kondisi ini biasanya disebabkan dari jalur charger yang bermasalah. Cek jalur charger. Bila tetap bermasalah, berarti ada kerusakan pada komponen pendukung charger. Cek kondisi komponen pada gambar di bawah ini. Ganti bila terjadi kerusakan.


Permasalahan Keypad
Keypad hang atau mati sebagian, pasti menyebalkan. Kondisi ini bisa disebabkan konektor dan koneksi keypad kurang baik. Bisa lepas, kotor atau terputus. Jika lepas, pasang kembali. Jika kotor, cukup dibersihkan. Nah saat kedua solusi tadi tidak berhasil, berarti konektor mengalami kerusakan. Bisa konektor yang rusak atau jalur putus. Periksa kaki-kaki konektor dan lakukan jumper pada bagian kaki yang rusak atau terputus (gambar). Untuk jalur yang bermasalah, solusinya adalah mengganti dengan yang baru. Bila semua solusi diatas sudah dilakukan tapi tetap bermasalah, maka cara terakhir adalah melakukan penggantian pada komponen keypad (Gambar)


Permasalahan LCD
Permasalahan LCD pada N97 menggunakan teknologi Touch screen. Sehingga, lebih banyak komponen yang digunakan. Masalah pertama adalah kerusakan pada touch screen. Dimana fungsi layar sentuh ini tidak berjalan alias mati. Kondisi ini biasanya terjadi kerusakan dari jalur Touch screen. Cek jalur untuk memastikan, dan ganti bila rusak. Selanjutnya adalah LCD blank. Dimana layar tidak mengeluarkan gambar atau hanya berwarna putih. Kerusakan LCD blank disebabkan dari jalur atau komponen yang bermasalah. Jika jalur sudah dicek dan berfungsi baik, maka ada komponen yang rusak. Lakukan cek dan pergantian komponen LCD seperti pada gambar dibawah. Namun kemungkinan terbesar, ada empat komponen yang posisinya berdekatan dengan konektor.


Permasalahan Audio
Permasalahan Audio seperti speaker dan microphone yang mati tetap harus diwaspadai pada jalur dan komponen pendukung. Lakukan pemeriksaan jalur. Apabila jalur baik, maka lakukan penggantian komponen, seperti tertera pada gambar. Untuk permasalahan microphone yang mati, biasanya disebabkan hanya dari mic yang rusak atau konektor yang kotor. Bersihkan konektor dahulu. Bila tetap mati, lakukan penggantian mic dengan yang baru.


Permasalahan Light
Untuk kerusakan lampu yang mati, cek dahulu kondisi LED, masih berfungsi baik atau tidak. Bila LED dalam kondisi baik, berarti ada kerusakan pada kedua komponen light. Lakukan perbaikan atau penggantian pada komponen tersebut.


Permasalahan Nada Dering
Gejalanya, nada dering mati atau loudspeaker tidak bersuara. Tetap harus diperhatikan jalur dan komponen pendukung. Pertama cek jalur, berfungsi baik atau tidak. Bila kondisi normal, komponen pendukung yang harus diperiksa. Cek kondisi komponen pada bagian PCB atas dan bawah. Lakukan pergantian bila rusak.


Demikian pembahasan tentang permasalahan pada Nokia N97.
semoga bermanfaat. (Kiki)

5 thoughts on “Hardware Solution Nokia N97

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.