Skip to content

Android

——————————————————————————-

Apa itu ANDROID ?

Android sebenarnya adalah nama sebuah perusahaan kecil (android.inc) di California, perusahaan tersebut bergerak khusus di bidang software berbasis piranti bergerak, dan pada saat itu pihak google sedang berencana mengembangkan usaha nya di bidang ponsel,dan akhirnya google memutuskan untuk akuisisi perusahan android.inc untuk bergabung dan mengembangkan sistem operasi berbasis linux pada ponsel, dan untuk membantu dalam proses pengembanganya google pun merangkul perusahan besar lainya dan membentuk open handset aliance yang terdiri dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola,Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia pada 5 november 2007, kemudian google mempublikasikan code android nya di bawah lisensi apache dan android resmi menjadi software opensource
pada bulan september google mengajukan hak paten handphone pertamanya  yang bernama nexus one, handphone tersebut di produksi oleh perusahaan produsen selullar asal korea yang bernama htc, dan pada 22 oktober akhirnya handphone android pertama keluar (htc dream) yang di produksi oleh htc sendiri, kemudian di susul handphone resmi google nexus one pada tanggal 5 januari 2010
ada hal yang menarik dari google, google selalu menamakan code name versi android nya dengan nama kue yang berurut berdasarkan abjad, (cupcake 1.5, donut 1.6, ecllair 2.0/2.1, frozen yougurt 2.2, ginger bread 3.x) selain itu google juga punya strategi unik dalam menggenjot dukungan terhadap android, google mengadakan kompetisi aplikasii android dengan mengiming imingi hadiah sebesar $25000 untuk setiap pemenang,baik individual maupun perusahaan, dan akan di pilih 50 pemenang tiap tahap nya. namun seiring nya waktu dan jumlah komunitas pengembang android yang meningkat maka perkembangan apilkasi android pun semakin pesat diluar perirkiraan. baik aplikasi yang tersedia di market maupun di luar market, dan dalam sekejap android menjadi booming.
sebenar nya sistem oprasi android sendiri yang berbasis open source ini mempunyai dua jenis distribusi, vers gms (google mail service) yang merupakan sistem oprasi resmi dari google yang mempunyai dukungan penuh dari google, dan yang kedua adalah versi ohd (open handset distribution) yang merupakan sistem android yang di kembangkan oleh para komunitas yang ingin memodifikasi sistem oprasi android untuk pendistribusian nya sendiri. jadi di luar sana masih banyak android hasil modifikasi dan pengembangan para komunitas android, dan aplikasi aplikasi berbasis android lainya. hal ini tentu saja membuat konten android jauh berkembang pesat dan semakin kaya, sehingga bisa dengan cepat bersaing dengan para sainganya yang sudah terlebih dahulu muncul.

Sumber : blumontego

——————————————————————————

Apa Itu Root, Flash ,Custom Rom, & Kernel ?

Custom ROM
Sebenarnya orang sering bilang custom rom itu menurut saya sedikit membingungkan. rom itu sendiri kan = read only memory. Data2 yang ada di read only memory itu merupakan data2 sistem operasi. jd ketika orang menyebutkan custom rom, sebenarnya itu merupakan modified os untuk Android yang di develop oleh kalangan publik secara bebas. mengapa bisa begitu? ya karena android itu open source. sehingga setiap individu dapat dengan bebas memodifikasi sistem operasi android itu sendiri. DHD sudah banyak yang mendevelop os nya.

Root
Nah setelah itu kita coba mengenal root itu sendiri. Root itu semacam hak akses tertinggi di dalam sistem android. ketika kita pertama kali menggunakan handset android yg baru beli dari toko, kita belum mendapatkan hak akses tersebut. kalo di windows, istilahnya kita hanya sebagai guest, belum jadi administrator. nah apa gunanya kita melakukan root untuk mendapatkan hak akses tertinggi? ok begini, seandainya kita punya komputer baru. sudah kita instal windows. namun kita cuman bisa masuk dan mengakses sebagai guest saja. bagaimana rasanya? hal itu sama rasanya ketika menggunakan Android tanpa di-root. banyak aplikasi2 penting seperti titanium backup utk membackup data, shoot me & drocap untuk print screen halaman, setCPU untuk mengatur clock cpu, dll yang tidak dapat dijalankan. tentu rasanya kita ini dibatasi kan? padahal OS kita ini open source. jadi kalo Android ga di root, itu rasanya seperti bukan Android. hehe.. root itu merupakan gerbang awal dari “permainan” berikutnya. permainan di sini merupakan istilah saat kita flashing custom rom / OS, kita overclock cpu, ganti kernel bawaan, semuanya gerbangnya dari root itu. tanpa root, kita ga bisa melakukan hal2 tersebut.

Kernel
untuk kernel, kernel itu merupakan sistem inti yang menjadi jantung dari sistem operasi. operasi2 yang dijalankan oleh os, itu diproses oleh kernel. kernel di android juga bisa dimodifikasi. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita cuman dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. untuk DHD, bootloadernya tidak dikunci, sehingga kita bebas flashing kernel.

Flash OS & Kernel
flashing os & kernel merupakan suatu cara memasukkan data sistem operasi atau menginstall sistem operasi & kernelnya di dalam handset android kita. hampir sama caranya dengan ketika kita menginstall ulang komputer. pertama kita masuk recovery mode. (recovery mode utk DHD tersedia ketika kita menyelesaikan tahap root sampai instalasi clockworkmod recovery.. baca tutorial saya sebelumnya) setelah itu kita hapus / wipe seluruh data sistem operasi yang lama. kita hapus cache memory dari sistem operasi yang lama. jadi intinya kita melakukan full wipe. setelah itu baru kita install os baru / custom rom. Di dalam clockworkmod recovery, semuanya telah tersedia. kita tinggal menggunakan saja. instalasi osnya itu yang dimaksud sebagai flashing.jadi kalo denger2 flashing, sebenarnya itu ya instalasi, namun dilakukan lewat recovery.

——————————————————————————

 Android Version

——————————————————————————

Kode Rahasia Samsung Android

Factory Reset & Service Test Code

* *#*#4636#*#* – Phone Information
* *2767*3855# – Hard Reset
* *#*#7780#*#* – Factory Reset
* *#*#7594#*#* – Change End Call/Power Option
* *#*#197328640#*#* – Service Mode
* *#*#273283*255*663282*#*#* – File Copy Screen (Backup Media Files)
* *#*#526#*#* – WLAN Test
* *#*#232338#*#* – Shows WiFi MAC address
* *#*#1472365#*#* – GPS Test
* *#*#1575#*#* – Another GPS test
* *#*#232331#*#* – Bluetooth test
* *#*#232337#*# – Shows Bluetooth device address
* *#*#8255#*#* – GTalk Service Monitor

Test Mode Code

* *#*#0283#*#* – Packet Loopback
* *#*#0*#*#* – LCD test
* *#*#0673#*#* – Melody test
* *#*#0842#*#* – Device test (Vibration test and BackLight test)
* *#*#2663#*#* – Touch screen version
* *#*#2664#*#* – Touch screen test
* *#*#0588#*#* – Proximity sensor test
* *#*#3264#*#* – RAM version

——————————————————————————

Flashguide Galaxy Tab (P1000)

——————————————————————————-

Gingerbread 2.3.1 on Samsung Galaxy Tab

——————————————————————————-

Istilah Istilah ANDROID

——————————————————————————

APK :
Android Package, file2 dgn ekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di ponsel android. Seperti IPA di iPhone (buat pengguna iPhone),  SISdi Symbian s60 , atau JAR di BB (buat pengguna BB) dan java based devices lainnya

BRICK(ed) :
Ponsel sudah tidak bisa di-recover.

adb :
command buat ngejembatani perintah di android lewat komputer..kalo adb shell termasuk bagiannya..extensi command adb ada banyak , seperti adb push, adb pull, adb install dll…syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sdh terpasang di pc.

adb.exe:
bisa di ambil dari sdk (dah include didlm android sdk)..ada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dgn mengetik “adb help”

adb shell logcat :
buat mengetahui proses yg terjadi diandroid, berguna banget saat experiment flashing rom…

IMAP :
Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3

POP3 :
Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email

Widget :
salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif

GUI :
Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic atau gambar ?

GMS :
Google Market Services, tempat download nya aplikasi2 di Android ( apps store di iphone atau appworld di BB)

Root :
super user di salah Operating Sistem (dalam hal ini Android)

nge-root :
proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root

Apps2SD :
Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke memori internal,

AOSP :
Android Open Source Project,

Boot :
Proses menghidupkan handheld,

Bootloader :
gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device,

Bootloader Mode – FASTBOOT load :
Tombol Camera + Power, pada mode
boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh di SDcard dengan menekan tombol Power lagi,

Cache2SD  :
Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard,

Diagnostic Mode :
Tombol Capture + Power. mode boot untuk test.

Normal Mode :
cara normal menghidupkan handheld,

OTA :
Over The Air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah dipake pd aktifitas meng-update (download)

Recovery Mode :
Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa
membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore. Teken

Safe Mode :
Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yg berhubungan dengannya tidak bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll)

semoga bermanfaat…

Berbagai sumber

——————————————————————————-

Bersambung…

2 Comments leave one →
  1. 01/01/2012 2:52 am

    sangat bermanfaat infonya gan !!

  2. 25/12/2012 2:49 am

    Assalamu alaikum Guru, Pak Dedy…. saya salah satu alumni PTC yang ikut pelatihan bertepatan dengan Bulan Puasa tahun 2006. Basri dari Sumenep. Berkat PTC sekarang saya dipercaya memimpin pemasaran Dongle MRS Tools (Mobile Repair Solution) For BlackBerry, Android, dan iPhone sebagai distributor di Jawa Timur. Salam untuk semua crew dan maju terus PTC…….
    CP: 087850242555

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: