Skip to content

Kupas Tuntas SETOOL Raptorware

12/10/2011

(Flashing “SE” Makin Maksimal)

SE TOOL RAPTORWARE merupakan pembaharuhan  SETOOL platinum dan hampir tidak ada perbedaan yang mencolok dari box SETOOL sebelumnya. Selain memiliki desain yang cukup unik  SETOOL Raptor memiliki 2 USB power sehingga kestabilan Flashing menjadi lebih maksimal dan sudah aktifasi tanpa harus membeli kredit tambahan lagi.

Apa keuntunggan Box SETOOL yang sudah diaktifasikan ?
Pastinya akan mendukung  installer SETOOL versi terbaru dan  lebih maksimal memperbaiki kerusakan software pada ponsel SonyEricsson terbaru. Mengatasi  kasus RED BLINK dan kerusakan GDFS secara mudah tanpa repot membeli kredit lagi. Serta  bisa melakukan download firmware dari support site resmi secara gratis.

Saat ini installer SETOOL terbaru sudah sampai versi v1.09, dan BOX SETOOL RAPTOR pastinya sudah “ready to use” untuk itu. Lalu bagaimana dengan BOX SE TOOL yang lama ? pastinya tidak bisa menggunakan versi v1.09 ,Untuk SETOOL lama hanya  bisa bekerja sampai versi  V1.0 FINAL saja. Kelemahan box SETOOL yang belum di aktifasikan yaitu tidak bisa melakukan download Firmware secara gratis dari support site resmi.

Jadi jika ingin SE TOOL yang lama bisa bekerja pada versi terbaru v1.09, anda tidak perlu beli BOX SETOOL RAPTOR lagi tapi cukup membeli (Kredit/log) atau akifasinya saja. Berikut di bawah ini kami kupas secara tuntas penggunaan SE TOOL RAPTOR.

I.Instalasi Driver dan Software utama
1.Persiapkan Installer SE TOOL terbaru v1.09, untuk installer terbaru bisa dapatkan di support site resminya. Setelah mendapatkan installer terbaru SE TOOL lakukan Extract to v.109

2.Setelah installer terbaru sudah di Extract, install software utama SETOOL dengan cara copy pastekan Folder v.109 ke desktop komputer.


3.Langkah selanjutnya Instal driver SE TOOL ,buka Folder driver  yang ada di dalam software utama.


4.Apabila system operasi  komputer kita menggunakan Windows XP, pilih e-gate_3.0.6_xp2k  lalu Extract here.

5.setelah itu install driver dengan cara klik ganda pada Axalto-egate-driver-v3.0.6.0


6.Kemudian klik next untuk melanjutkan proses instalasi driver.


7.Pilih I Agree the terms in the license agreement lalu klik Next


8.Klik install untuk memulai instalsi driver SE TOOL.


9.Tunggu proses instalasi driver berjalan sampai selesai lalu klik finish.

II.Pasang BOX SE TOOL Raptor
1.Pasang Box SE TOOL Raptor ke komputer


2.Windows pada komputer akan langsung mengenali Driver SE TOOL secara otomatis.


3.Apabila Driver masih belum dikenali,ambilkan driver secara manual di desktop tadi tepatnya alamat
C:\Documents and Settings\d3\Desktop\v1.09\drivers\4in1_CableDriver\2.02.06


4.Tunggu sampai driver benar benar sudah di kenali, dengan munculnya pesan Ready to use berarti box SE TOOL RAPTOR sudah di kenali dengan baik dan siap di gunakan.


5.Untuk memastikan SE TOOL sudah bisa bekerja dengan baik jalankan program SE TOOL dengan cara klik ganda pada icon Setool2g yang terdapat di dalam software utama.


6.Apabila sudah muncul  pesan CARD SERIAL untuk box SE TOOL tersebut berarti box SETOOL dan komputer sudah terhubung dengan baik.

————————-

All Triks SE TOOL RAPTOR

Solusi Card Error


Apabila terjadi pesan seperti ini ketika kita sedang membuka Software utama SE TOOL berarti box dan kompouter masih belum terhubung dengan baik.
Solusinya : sebaiknya lepas kabel USB yang terhubung dengan box lalu pasang kembali, kemudian ambilkan
driver  untuk box tersebut dengan benar.

Download File dari support site resmi
1.Pastikan komputer sudah terhubung dengan internet, jalankan program SE TOOL kemudian klik GO SUPPORT


2.Setelah itu kita akan langsung ditujukan ke alamat support site resmi SE TOOL, Ketika nanti kita sedang mendownload file pastikan box masih keadaan terpasang dengan komputer.


3.Pihak Support site resmi akan selalu melakukan update file untuk memberikan yang terbaik bagi pengguna SE TOOL yang telah di aktifasikan.karena pada SETOOL yang belum di aktifasikan tidak bisa melakukan download file di dari support site resmi SE TOOL.

Setting COM PORT
1.Apabila pada saat kita akan melakukan flashing dengan menggunakan kabel flash yang terdapat dapat dalam setiap pembelian box maka setting dengan baik com yang akan di pilih.


2.Masuk pada My Computer lalu pilih Manage untuk menuju ke computer management.


3.Kemudain masuk Device Manager lalu lihat pada Ports (COM & LPT), dan pastikan USB serial port terdeteksi di com berapa saat ini.


4.Setelah kita mengetahui USB serial Port terdeteksi di COM berapa,isikan COM sesuai dengan yang kita lihat sebelumnya.

Triks via kabel data DCU 60
Untuk SE TOOL bisa menggunakan kabel data DCU 60 sebagai interface atau koneksi ke ponsel, caranya pada interface pilih usb.

Triks Maksimalkan FLASHING
Apabila kita menginginkan Hasil kerja Flashing lebih stabil dan maksimal sebaiknya pengaturan Speed pada software utama pilih Baudrate 921600.

Setting sebelum Flashing
Sebelum kita melakukan flashing sebaiknya masuk pada Setting di menu software utama lalu tandai pada SIGNED MODE dan CUTOMIZE PHONE AFTER FLASH, agar proses flashing berjalan dengan baik

————————-

Metode Flashing via SE TOOL (Raptorware)

Karena ketidak pahaman dalam merawat system ponsel bisa mengakibatkan Data program yang ada di dalam ponsel yang menyebabkan ponsel jadi HANG, Restart, Blank dan akhirnya ponsel jadi Mati Total. Kerusakan tersebut bermasalah pada area software ponsel. Untuk memperbaiki kerusakan software pada ponsel bisa dilakukan perbaikannya dengan menggunakan metode FLASHING, Berikut di bawah ini kupas tuntas mulai dari struktur menu SE tool, memahami pesan Error pada setool dan FLASHING menggunakan Box Se Tool Raptor.

Metode Flashing via SE TOOL RAPTORWARE
1.Jalankan Program atau software utama SETOOL dengan cara klik ganda pada icon Setool2g


2.Apabila software utama sudah terbuka dan ada pesan ready to work dan Serial Number box sudah terbaca berarti software utama dan box setool sudah terhubung dengan baik.


3.Masuk pada area Setting untuk mengatur menu sebelum melakukan flashing


4.Kemudian pilih interface yang sesuai dengan USB com port untuk Box SETOOL terdeteksi pada com berapa.


5.untuk mengetahui masuk Device Manager lalu lihat SETOOL terdeteksi di com berapa.


6.Masuk pada area phone type lalu pilih tipe ponsel yang sedang di perbaiki.


7.Klik identify untuk mendeteksi hubungan antara ponsel dan box SETOOL


8.Jika pada software utama sudah mendeteksi informasi software pada ponsel yang sedang terpasang berarti koneksi sudah baik.


9.Klik Add untuk mengambil dan mengisikan firmware utama untuk ponsel yang sedang di perbaiki.


10.Isikan Firmware utama dengan dengan akhiran *mbn, Untuk firmware SE TOOL bisa menggunakan firmware universal untuk ponsel SE.


11.Lalu klik lagi ADD untuk mengabil dan mengisikan Firmware pendukung untuk bahasa


12.Isikan Firmware pendukung untuk bahasa dengan keterangan APAC dan akhiran *fbn


13.Pastikan prosedur pengisian Firmware sudah terisi dengan baik dan benar.


14.Klik Flash untuk menjalankan proses flashing, Untuk proses flashing jika dibutuhkan system kejut untuk ponsel se bisa dilakukan dengan cara lepas baterai pada ponsel lalu pasang kembali dengan baik.pastikan baterai ponsel sudah terisi dengan penuh untuk menjaga kestabilan proses flashing nantinya.


15.Tunggu Proses Flashing berjalan sampai selesai.


16.Jika pada informasi software utama muncul pesan Phone detached berarti proses flashing berjalan dengan baik dan sukses.


17.Setelah proses flashing selesai lakukan metode Finishing dengan cara Klik Unlock/Repair untuk memulai proses finishing.


18.Tunggu Proses finishing berjalan sampai selesai.


19.Apabila pada informasi menu software utama ada pesan Unlock DONE berarti proses Finishing selesai dengan baik dan sukses. Well done , ponsel sudah bisa di gunakan kembali.

————————-

Memahami EROR Pada SETOOL

1.wrong response, break. loader fs startup failed, that is fatal


artinya: file sistem yang di ponsel telah korup atau rusak anda hanya cukup memperbaiki fs (file system) saja.

2.ldr_on_ldr hdr no ack,err:,10 can’t load loader ,Elapsed:4 secs.


artinya: ic flash yang sudah lemah atau baterai dibawah 50 persen saran saya sebaiknya menggunakan power suplai. Jika ponsel masih juga muncul pesan error seperti tadi dipastikan ic flash rusak dan harus mengganti ic flash.

3.fout_ssw hdr BAD:AA , prepare failed,that is FATAL


artinya: anda salah menentukan pilihan ponsel yang tidak benar contoh: anda ingin fullflash ponsel k310 tapi di pilihan ponsel (select phone models) anda pilih k800 maka akan muncul pesan error seperti tadi, atau anda salah memasukkan file dengan tidak benar

4.Will flash 32 blocks…Send superblock command NAK. Elapsed:41 secs.


artinya: pada saat flashing terputus tengah jalan dipastikan baterai udah tinggal dikit.

5.couldn’t start your gdfs, failed, cs loader gdfs start up failed.


artinya: pada tipe² ponsel terbaru yang memiliki keamanan yang tinggi seperti cid50/51/52 anda tidak dapat melakukan repair gdfs karena telah bermasalah di security unit untuk menyembuhkan ponsel tersebut anda harus memiliki backup security unit pada saat ponsel tersebut masih normal dan tidak dalam kondisi bermasalah di gdfs. disarankan jangan sekali-kali bermain dengan gdfs untuk sistem keamanan yang tinggi yang dimiliki sonyericsson. Gunakanlah file bawaan yang telah dikasih oleh setool tersebut yang terletak di folder “gdfs_in_bin_format” & “gdfs_in_ssw_format”

6.HDR block not accepted,error:19


artinya: flash cid ponsel terdeteksi cid50 terus firmware yang anda masukkan yaitu cid51 maka akan muncul pesan error diatas.

7.CID not supported int that mode


Ponsel memiliki sekuriti baru atau bisa dikatakan memiliki CID yang lebih tinggi maka pada saat kita ingin melakukan fullflash selalu gagal dan tidak berhasil.

————————-

Fungsi Menu SETOOL

Misc Files
tempat suatu skrip file untuk mengubah data2 yang ada di ponsel tersebut contoh customize pack untuk mengatasi konfigurasi error, terus untuk mengubah driver kamera, suara di perbesar, menulis gdfs dll.

Rest File
untuk patch jaringan operator gsm dimana jika anda tidak mempunyai file tersebut maka proses patching tidak akan terlaksanakan apabila hanya menekan tombol “unlock/repair”, jadi solusi biar support patch unlock anda mesti melakukan fullflash dan patch unlock secara bersamaan.

Restore File
dimana anda bisa memasukkan juga file custpack, file firmware, file binary, dan file script (berbentuk vkp, atau zip file).

————————-

Semoga bermanfaat (d3)

7 Comments leave one →
  1. 13/10/2011 1:40 pm

    Terima kasih brother,kebetulan sekali saya seorang beginner tulen sebagai user SE Tool 3 Platinum,postingan ini sangat bermanfaat.

    By: RS2010

    http://siantarflasher.com/

  2. Sippppp permalink
    29/11/2011 10:25 pm

    Mantep buanget nihhh Top abis…Bermanfaat bget nichhh bg Saya PSuwunn

  3. 09/03/2012 5:53 pm

    Sungguh luar biasa ni situs, sangat berguna untuk org banyak. Semoga situs ini laris manis, semoga yg bikin dapat pahala berlipat lipat, rejeki yg banyak, kesehatan yg baik, sehat selamat dunia akhirat… amin…

  4. shaidin permalink
    03/05/2012 4:20 pm

    suwon

  5. 30/07/2012 1:06 am

    punya saya detek ny di COM26, semen tara di SE tool cuman sampe COM16 ada solusi nya ngx gan….tanx

    • 31/08/2012 6:55 am

      alhamdulillah :)
      Coba uninstall COM
      lalu Re Install Driver untuk SE TOOL

      selamat mencoba…
      salam sukses dan semoga bermanfaat

      br,
      d3communication

  6. 16/11/2013 8:16 pm

    makasih bang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

%d bloggers like this: